Supertree Observatory adalah objek wisata berbentuk dek (teras observasi) yang baru dibuka pada tanggal 27 Desember 2019 di Gardens by the Bay, Singapura.

Dengan ketinggian 50 meter dan terletak pada pohon yang tertinggi dari 18 pohon yang ada, memungkinkan kamu untuk melihat pemandangan kota dengan sangat jelas. Termasuk kawasan Marina Bay dan sekeliling Gardens by the Bay.

Sejarah

Supertree adalah bangunan yang menyerupai struktur sebuah pohon dengan lanskap taman. Terdapat 18 pohon dengan tinggi bervariasi antara 25 – 50 meter. Konsep pembangunan dimulai dari 2005 dan dibuka untuk publik pada 29 Juni 2012.

Sedangkan tempat yang digunakan sebagai observatorium sebelumnya adalah restoran yang bernama “IndoChine”. Pihak Gardens by the Bay memutuskan untuk membangunnya dalam waktu 6 bulan sejak Juni 2019 dikarenakan OCBC Skyway yang ada hanya mampu menampung 80 orang pada waktu bersamaan. Sedangkan observatorium ini mampu menampung hingga 120 orang.

Dilansir dari straitstimes, Mr Ng Boon Gee selaku direktur operasional mengatakan: “Obsevatorium ini dirancang secara modern dan futiristik. Skyway memiliki kapasitas terbatas dan tergantung cuaca (karena outdoor), tapi obsevatorium ini mempunyai indoor dan outdoor sehingga saling melengkapi”.

Objek Wisata

Untuk naik ke atas, disediakan lift yang berada didalam batang pohon. Di atas terbagi menjadi 2 lantai yaitu area tertutup dan terbuka yang masing-masing memberikan sensasi berbeda.

Open-Air Rooftop Desk

Supertree Observatory Open-Air Rooftop Desk

Ini adalah tempat dengan posisi tertinggi yaitu 50 meter dengan konsep ruang terbuka. Disini kamu bisa menikmati pemandangan keliling 360° tanpa halangan sama sekali.

Observatory Space

Supertree Observatory Space

Tempat ini berada 1 tingkat dibawah rooftop deck dengan konsep ruang tertutup dan dilengkapi AC. Sekeliling ruangan ditutup dengan kaca yang cukup tinggi. Dibagian luarnya terdapat tempat berjalan yang hampir mirip dengan OCBC Skyway.

Selain pemandangan, kamu juga dapat melihat media interaktif melalui 4 layar besar yang menampilkan tentang efek dari perubahan iklim.

Supertree Observatory Cafe

Supertree Observatory Cafe

Apabila kamu sudah puas menikmati pemandangan yang ada, sekarang saatnya bersantai di kafe ini. Tersedia berbagai minuman dan makanan ringan yang dapat dinikmati sambil tetap melihat pemandangan kota yang indah.

Fasilitas

  • AC (Indoor area)
  • Kafe
  • Toilet
  • Supertree Observatory Mobile App (iOS & Android). Dilengkapi augmented reality. Jadi ketika aplikasi dibuka, cukup arahkan kamera ke arah tertentu maka akan muncul informasi tentang landmark tersebut.

Lokasi

  • 18 Marina Gardens Dr, Singapore 018953. Berada di area Gardens by the Bay.
  • Telepon: +65 6420 6848
  • Email: [email protected]

Rute

Dari Orchard

Naik MRT dari Orchard MRT Station/NS22 (jalur merah) ke arah Jurong East Station. Turun di Newton Station/NS21 lalu ganti ke jalur biru jurusan Chinatown. Turunlah di Bayfront Station/DT16. Lalu cukup jalan kaki melewati terowongan bawah tanah menuju Garden by the Bay.

Dari Merlion

Ada dua pilihan, naik bus atau MRT. Disarankan lebih baik menggunakan MRT karena lebih mudah. Naiklah dari Raffles Place Station/NS26 (jalur merah) jurusan Marina South Pier. Turun di Marina Bay Station/NS27 lalu ganti ke jalur kuning (CE2) dan turun di Bayfront Station/CE1.

Jam Operasional

Supertree Observatory Singapura dibuka setiap hari dari jam 9.00AM – 9.00PM waktu lokal Singapura. Jam masuk terakhir adalah 08.30PM.

Harga Tiket Masuk

KategoriHarga Tiket Masuk
DewasaSGD14
Anak (3 – 12th)SGD10

Harga di atas adalah harga normal apabila membeli langsung ditempat. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, silahkan gunakan aplikasi traveling favorit anda seperti Traveloka dan lainnya.

Referensi:
www.gardensbythebay.com.sg/en/attractions/supertree-grove-observatory-ocbc-skyway/supertree-observatory.html
www.straitstimes.com/singapore/new-observatory-on-top-of-tallest-supertree-at-gardens-by-the-bay
en.wikipedia.org/wiki/Gardens_by_the_Bay#Supertree_Grove