Semenjak WhatsApp diakuisisi oleh Facebook, mereka terus saja melakukan perubahan secara signifikan. Beberapa perubahan tersebut dirasa sangat menguntungkan pengguna seperti Dark Mode (mode gelap), tapi ada juga perubahan yang dianggap hanyalah menguntungkan Facebook alias profit oriented yaitu adanya iklan yang disisipkan pada status WhatsApp.

Dark Mode / Mode Gelap

whatsapp dark mode / mode gelap
source: wabetainfo.com

Akhirnya setelah diminta oleh banyak pengguna, secara resmi akan hadir mode gelap untuk WhatsApp. Bahkan tidak hanya 1 mode gelap, tapi akan ada 2 mode gelap, dimana salah satunya dikhususkan untuk menghemat daya pada perangkat yang sudah dilengkapi dengan layar AMOLED.

Selain dapat mengubah mode gelap secara manual, kita juga bisa membuatnya berubah secara otomatis ketika mode hemat daya diaktifkan. Semoga saja mode otomatis tersebut juga bisa diaktifkan sesuai dengan jam, jadi bila malam tiba maka masuk mode gelap.

Splash Screen Baru

splash screen whatsapp from facebook terbaru

Sekarang WhatsApp juga memiliki splash screen berwarna gelap dan dibawahnya terdapat tulisan “from Facebook”. Sebenarnya ini jadi menambah waktu untuk membuka aplikasi, tapi tidak terlalu signifikan seh.

Ikon Kamera untuk Update Status

whatsapp ikon kamera baru untuk update status

Ikon kamera yang biasa untuk memperbaharui status juga mengalami perubahan, terlihat lebih fresh ya!

Share Status ke Facebook Story

share whatsapp status ke facebook story

Status kamu nantinya bisa langsung dibagikan ke Facebook Story lho, bahkan siapa tau nantinya juga bisa langsung dibagikan ke Instagram Stories karena kan sama-sama dimiliki oleh Facebook.

Hapus Pesan Otomatis (Disappearing / Delete Messages)

Fitur yang berkaitan dengan privasi pengguna ini juga sudah lama dinantikan. Apalagi fitur ini telah ada pada aplikasi percakapan lainnya contohnya BBM.

Fitur ini akan diperkenalkan dengan nama “Delete messages”, sebelumnya bernama “Disappearing messages”. Jadi kita bisa mengirim pesan dan menentukan kapan akan terhapus secara otomatis, misalnya dalam 1 jam, 1 hari, 1 minggu, dan waktu lainnya.

Iklan pada Status WhatsApp

Iklan WhatsApp yang tampil mirip iklan pada instagram stories
source: twitter.com/MattNavarra

Ini salah satu fitur yang menjadi kontroversial, bahkan membuat para pendahulu WhatsApp hengkang dari Facebook. Fitur ini akan segera diterapkan setelah pada acara Facebook Marketing Summit 2019 di Belanda, mereka mempresentasikan bagaimana nantinya iklan akan disisipkan di antara status atau WhatsApp Stories (seperti Facebook Messenger).

Selain itu juga akan ada iklan yang tampil secara full-screen di antara update-an status mirip dengan Instagram Stories. Kedepannya iklan ini juga akan terintegrasi dengan sistem pembayaran WhatsApp yang akan ditujukan untuk akun bisnis sehingga bisa membuka toko langsung didalam WhatsApp.

Reverse Image Search

Ini salah satu fitur unggulan yang dapat mengurangi penyebaran hoax. Fitur ini dapat mencari sumber atau pengirim pertama dari gambar yang kita terima. Hampir sama dengan fitur “Search Google for image” pada Chrome PC yang dapat mencari web lain yang memiliki gambar yang sama.

Jadi bagi yang suka nyebarin gambar hoax, hati-hati ya, karena kamu bisa aja langsung ketahuan lho!

WhatsApp From Facebook

whatsapp from facebook dibagian bawah halaman settings

Sekarang pada halaman “Settings” bagian bawah akan ada tulisan “from Facebook”. Ini untuk menegaskan bahwa WhatsApp adalah milik Facebook.

Netflix Picture in Picture (PiP) Mode untuk iOS

Sebenarnya fitur memutar video dan tampil secara mengambang sehingga tetap bisa berinteraksi dengan WhatsApp sudah ada sejak awal tahun, tapi pada iOS fungsi tersebut tidak bisa digunakan pada video dari Netflix. Nah, sekarang fitur tersebut akan segera dirilis pada versi stabil, jadi pengguna iOS akan bisa memutar video trailer dari Netflix secara PiP.

Fingerprint Lock

whatsapp fingerprint lock
source: theverge.com

Ingin privasi dan keamanan yang lebih baik? Nah, fitur “fingerprint lock” ini akan cocok, karena nantinya WhatsApp hanya bisa diakses dengan cara memindai fingerprint kamu. Juga kamu bisa mengatur untuk otomatis mengunci setelah beberapa waktu misal 1 menit atau 30 menit.

Boomerang iOS

Pengguna Instagram pasti sudah terbiasa dengan fitur ini dimana kita bisa membuat gambar GIF dengan durasi kurang dari 7 detik. Sayang sekali fitur ini belum tersedia untuk Android.

Sebagai tambahan, rumornya mulai 1 Februari 2020, WhatsApp tidak lagi memberikan dukungan pada perangkat seluler jadul. Android 2.3.7 dan iOS 8 tidak akan lagi bisa menggunakan layanan WhatsApp. Jadi bila kamu mempunyai iPhone 4 kebawah atau Android keluaran tahun 2011 kebawah termasuk Windows Phone, maka kamu ga akan bisa install WhatsApp dari Google Play ataupun Apple App Store.

Referensi:
www.techradar.com/news/whatsapp-in-2020-dark-mode-shopping-ads-and-everything-else-to-expect
wabetainfo.com/whatsapp-beta-for-android-2-19-73-whats-new/